Jumat, 01 Juni 2012

Jenis-jenis Konektor dan pengertiannya


assalamualaikum wr.wb 
Alhamdullillah saya masih bisa berbagi informas kepada pengunjung blog ini, ya walupun saya sedikit sibuk karena mau ulangan kenaikan kelas (UKK) dan juga persiapan untuk Praktek kerja lapangan (PKL).  Benar-benar bulan ini adalah bulan –bulan sibuk buat saya pribadi.... hehehe, tapi  sudah lah kita bahas yang lebih penting saja di sini, saya akan memberika sedikit informasi tentang jenis-jenis konektor yang ada... ini dia check it dot!!!

Jenis-jenis konektor nya sebagai berikut:
Pengertian Konektor
konektor adalah alat yang dapat menguhubungkan perangkat-perangkat jaringan ke kabel fiber optik sehingga transmisi data dapat berjalan dengan baik.
                Fungsi Konektor
                Konektor berfungsi untuk menjaga transmitter maupun receiver mengirim dan menerima sinyal informasi dengan baik tanpa ada gangguan masalah. Oleh karena itu ketepatan koneksi dan jenis konektor yang diguanakan sangat berpengaruh pada data yang ditransmisikan.
                Jenis-jenis Konektor
1.       Konektor FC
Setahu saya, digunakan untuk jenis kabel single mode dengan akurasi yang tinggi untuk menghubungkan kabel dengan transmitter ataupun receiver. Jenis konektor ini menggunakan drat ulir dengan posisi yang bisa diatur, sehingga ketika dipasangkan ke perangkat, akurasinya tidak akan berubah.

2.       Konektor SC
Kalo ini digunakan dalam jenis kabel single mode dan bisa dicopot pasang. Jenis konektor ini tidak mahal, sederhana dan dapat diatur secara manual akurasinya dengan perangkat.
 

3.       Konektor ST
Bentuknya seperti bayonet berkunci dan hampir mirip dengan konektor BNC. Umumnya diguanakan pada jenis kabel single mode maupun multi mode. Mudah dipasang dan dicabut pada sebuah perangkat.

4.       Konektor Biconic
Jenis konektor ini adalah yang paling senior sebab konektor ini  muncul paling pertama dalam komunikasi fiber optic dan jenis ini sekarang sudah sangat jarang digunakan.

5.       Konektor D4
Jenis konektor ini mirip dengan konektor FC, hanya berbeda ukurannya. Perbedaannya sekitar 2mm pada bagian ferrule-nya  (pelapis ujung shaft). 
 
6.       Konektor SMA
Konektor ini pendahulu dari konektor ST yang sama-sama mempunyai penutup dan pelindung. Ketika konektor ST sudah berkembang maka jenis konektor ini sudah sangat jarang diguanakan.

dan masih ada beberapa jenis konektor lain yang tidak bisa saya sebutkan, karena saya kurang mengetahuinya. contoh :

Konektor FDDI 

Konektor LC
hehehe,, maaf ya ada beberapa konektor yang saya ga kuasai definisinya... maklum masih belajar.... Semoga postingan kali ini dapat memberi informasi dan pengetahua tentang komputer tentunya kepada pengunjung blog ini dan mohon maaf bila ada salah penulisan maupun kata, dan semoga PKL saya lancar... amin,, hahaha...
sekian wassalamualaikum wr.wb

1 komentar:

  1. Bang.
    Konektor FO itu ada 2 penggunaan.
    Ada yang dilepas pasang ada yang tidak bisa dilepas pasang.
    Saya mau nanya yang type konektor FO yg idk bs dilepas pasang???
    Terima kasih bang

    BalasHapus